Bahan Dasar Tiang Lampu



Bahan Dasar Tiang Lampu – Bahan dasar dalam menciptakan suatu produk perlu diperhatikan, apalagi jika produk tersebut digunakan untuk menopang sesuatu dan diletakkan pada lokasi yang kurang baik. Contoh dalam hal ini adalah tiang lampu, seperti kita tahu ketahui pula bahwa tiang lampu digunakan untuk menopang lampu agar tetap bercahaya. Selain itu juga tiang lampu umumnya diletakkan pada ruangan terbuka dimana harus tahan terhadap berbagai cuaca yang silih berganti secara tiba-tiba.

Bahan Dasar Tiang Lampu

Bahan dasar dalam pembuatan tiang lampu harus menggunakan bahan yang berkualitas. hal ini perlu dilakukan agar tiang lampu tetap kuat dari hantaman hujan yang lebat dan panas yang menyengat. Bahan dasar tiang lampu ada beberapa jenis. Hal tersebut tentu mempengaruhi ketahanan dan keawetan dari lampu tiang. Berikut ini 3 bahan dasar lampu tiang, diantaranya:

1. Besi Baja
Salah satu bahan dasar dalam lampu tiang adalah besi baja. Plat besi baja ini dalam prosesnya akan dipotong dan kemudian disesuaikan dengan diameter standar tinggi. Jenis lampu tiang yang sering menggunakan bahan ini adalah lampu jalan PJU dimana untuk standar tinggi pada lampu tiang ini berkisar sekitar 6- 13 meter.

Kita bisa menemukan tempat jual tiang lampu jalan murah sesuai dengan keinginan. Karena seperti yang telah kita ketahui bahwa informasi begitu cepat didapatkan dengan bantuan internet.

2. Logam Pipa
Bahan dasar dalam lampu tiang ini seringkali digunakan untuk lampu tiang PJU dekoratif dan lampu tiang klasik. Harga jual tiang pju dekoratif murah sangat mudah kamu temukan juga. Bahan dasar ini tentu saja menggunakan logam pipa plate dengan kualitas SNI. Lampu- lampu jenis ini biasanya ditempatkan di area kolam renang, taman, halaman, bahkan pedestrian. Bahannya akan jauh lebih ringan jika dibanding besi baja karena biasanya selain fungsinya sebagai penerangan juga sebagai hiasan.

3. Pipa Besi Bulat
Bahan dasar dalam lampu tiang selanjutnya adalah pipa besi bulat. Seringkali penggunaan bahan dasar ini dikombinasi oleh FRP. Kemudian untuk konstruksi pondasi baseplate dengan lubang baut, KAP lampu menggunakan FRP komposit atau kombinasi bahan logam. Lampu tiang dengan bahan dasar pipa besi bulat umumnya digunakan pada jenis lampu tiang antik. Sekarang ini banyak jasa yang membuat serta jual tiang lampu antik murah dengan kualitas terjamin.

Bahan Pelapis Lampu Tiang

Selain bahan dasar dalam lampu tiang, tentu juga membutuhkan bahan pendukung agar lampu tiang semakin bagus dan kuat. Berikut ini ada 2 bahan pelapis pada lampu tiang yang bisa melindungi dan menambah ketahanan lampu tiang, diantaranya :

1. Lampu Tiang Galvanis
Setelah tiang lampu dibuat dengan bahan dasar diatas, proses pembuatan tentu saja belum selesai. Lampu tiang seringkali harus melalui proses pelapisan agar lebih awet dan tahan lama. Galvanis sendiri adalah salah satu pelapis pencegah korosi pada tiang lampu. Proses pelapisan galvanis biasanya ditambahkan pada tahap akhir dalam pembuatan tiang lampu.

Galvanis berfungsi untuk melindungi tiang lampu dari korosi yang disebabkan oleh perubahan cuaca. Diantaranya ketika hujan deras maupun terik panas matahari. Lapisan galvanis akan mencegah dari karat dengan kandungan cairan zinc dan alumunium didalamnya. Lampu tiang yang dilapisi galvanis berwarna abu-abu atau perak dan tidak mengkilap. Lampu tiang ini mampu bertahan hingga 30 tahun.

2. Lampu Tiang Black Steel
Black steel atau baja hitam atau pipa hitam sebenarnya bukan lapisan pelindung pada lampu tiang. Namun bahan tersebut seringkali digunakan sebagai tambahan dalam pembuatan lampu tiang karena memiliki keunggulan seperti kuat menahan beban dan tahan cuaca. Selain itu juga memiliki ketahanan hingga 10 tahun. Baja hitam sering digunakan bagi mereka yang jual tiang lampu taman minimalis juga, karena sangat kokoh dan kuat.

Meskipun pada lampu tiang ini tidak melalui proses galvanisasi namun besi dan stainless bisa melindungi dari karat. Dengan kualitas yang hampir setara dengan lampu tiang galvanis namun harga tiang lampu minimalis dengan bahan ini jauh lebih murah.



Nah itulah ulasan singkat mengenai jenis, bahan dasar dalam lampu tiang dan bahan pelapis. Seseorang bisa memasangnya dirumah sebagai hiasan di taman maupun halaman rumah. Pastikan mengunjungi tempat jual tiang lampu taman murah disekiar anda.

Baca juga : tips memilih lampu taman


Komentar

Postingan Populer